EDAPODIK CARD DAN CARA MENGGUNAKANNYA

satu nusa satu bangsa satu bahasa satu data |
Sekitar tahun 2014 Guru atau OPD yang ingin mengecek INFO PTK dan PTK yang sudah bersertifikasi dengan memasukkan NO NRG sebagai usernamenya. Tapi masih banyak OPS yang lupa menginput NRG pada aplikasi Dapodik, Sementara PTK yang bersangkutan juga tidak mengingatkan atau memang PNS tersebut lupa Nomor NRG nya.


Berangkat dari pengalaman itu kemudian banyak bermunculan ide kreatif teman-teman OPS untuk membuat dan mencetak sendiri Kartu NRG bagi PTK-nya. Dan bermunculanlah di banyak group aplikasi cetak Kartu NRG yang sangat bermanfaat bagi PTK.

Pada kesepatan ini saya akan sharing ingin sebuah Aplikasi yang tidak sekedar memuat No. NRG tapi meliputi identitas pendidik yang sudah di inputkan di aplikasi Dapodik. Sehingga banyak nomor penting yang dimiliki PTK terangkum dalam satu kartu ini.

Sekarang mari kita mulai CARA MENGGUNAKAN Aplikasi NRG ini;

1. Pertama.
kita membutuhkan Aplikasi sederhana E-Dapodik Card untuk mencetaknya.
Silakan di DOWNLOAD dulu aplikasinya pada
LINK 1
LINK 2
(catatan: untuk sementara link nya kami hilangkan, karena kami akan sesuaikan dengan aplikasi terbaru untuk tahun 2016)
Kalau sudah di DOWNLOAD, Ekstractlah filenya ke dalam laptop kita.

2. Kedua.
kita membutuhkan file excel hasil input data di Aplikasi Dapodik yang dapat kita Download disini: http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/
silakan ketikkan NOMOR NPSN dikotak yang telah disediakan dan akan langsung menuju ke menu milik sekolah anda.

3. Ketiga.
copy file excel yang kita download tadi dan masukkan ke dalam folder E-Dapodik Card. Bukalah file excel tersebut, dan tambahkan NRG Pendidik pada kolom paling kanan (Kolom AJ atau setelah kolom Pendidikan Terakir). Hal ini dikarenakan data dari Web Progres tidak menyertakan NRG Pendidik. Siapkan juga foto-foto PTK yang nanti akan kita gunakan.

Selanjutnya jalankan aplikasi, apabila sudah terbuka silakan pilih file excel sekolah kita dan klik tombol KONEKSI. Maka data PTK akan terisi otomatis di kartu tersebut. Untuk memilih PTK yang akan di cetak gunakan tombol PREV dan NEXT.

Untuk menambahkan foto tekan Add Foto dan pilih foto yang sudah kita siapkan sebelumnya. Selanjutnya setelah selesai tekan tombol CETAK, maka E-Dapodik Card akan tersimpan dengan nama PTK tersebut dalam format JPG yang dapat kita cetak.

Terimakasih semogah bermanfaat..

2 Responses to "EDAPODIK CARD DAN CARA MENGGUNAKANNYA"

Silahkan berkomentar dengan Sopan dan Jujur..