CARA PENGATURAN ROMBEL DAPODIK PESERTA UJIAN NASIONAL

satu nusa satu bangsa satu bahasa satu data |
UN atau Ujian Nasional dan UAS atau Ujian Akhir Sekolah untuk tahun ajaran 2015/2016, tinggal beberapa bulan lagi. Data peserta didik untuk tingkatan akhir pada satuan pendidikan, harus segera divalidasi agar tidak terjadi kesalahan administrasi pada peserta didik.

Informasi tentang data peserta ujian 2016 diambil dari aplikasi dapodik sesuai dengan Petunjuk "Teknis Pendataan Calon Peserta UN 2016" silahkan unduh disini
Untuk mengecek dan memverifikasi data calon peserta ujian dapat dilakukan melalui langkah - langkah berikut :
  1. Silahkan masuk pada laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/ atau langsung klik disini . Jika masuk melalui laman dapodikdas maka akan di bawa pada menu Pendataan Peserta Ujian. Setelah masuk maka anda akan dibawa pada laman seperti pada gambar di bawah.
    Login Operator Dapodik
    Login Operator Dapodik
  2. Silahkan masukan usename dan paswaord dapodik anda dan abaikan kode registrasi. Jika tidak bisa masuk, maka gunakan kode registrasi dapodik kemudian klik login.
  3. Setelah login anda akan di bawa pada menu Informasi Pengguna dan Menu utama. Langkah awal anda bisa langsung melengkapi data pengguna (operator) jika belum lengkap. Seperti pada gambar di bawah : 
    Edit Profile bila belum lengkap
    Edit Profile bila belum lengkap
  4. Klik pada "Calon Peserta UN" akan muncul data peserta ujian sekolah anda. Silahkan cek data peserta ujian sekolah anda mulai dari nama, tempat tanggal lahir, nama orang tua, NIS, NISN, NPSN, tambahan untuk SMP nomor peserta ujian SD, Nomor seri SKHU dan Ijasah dan NIK.
  5. Jika terdapat data yang tidak sesuai segera lakukan perbaikan data. Untuk Nama, Tempat tanggal lahir, Jenis kelamin dan NISN perbaikan dilakukan melalui vervalpd. Sedangkan data lain dapat dilakukan melalui aplikasi dapodik dan segera sinkron.
  6. Kalau data telah sesuai atau benar, silahkan klik "Pengaturan Nomor Kursi" untuk mengatur nomor urut rombel (Rombongan Belajar) agar data dapat diunduh.
  7. Untuk mengatur nomor urut rombel sesuaikan dengan jumlah rombel pada sekolah anda. Jika rombel sekolah anda sebanyak 2 maka bisa menggunakan nomor urut 01 sampai dengan 02. Kalau sudah jangan lupa simpan.
  8. Langkah berikutnya adalah mengunduh data peserta ujian dengan klik menu "Unduh Peserta UN" klik YA jika data telah benar, jika belum klik "TIDAK".
  9. Silahkan unduh berita acara serah terima peserta ujian nasional yang akan diserahkan kepada Panitia UN Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan klik "Unduh Berita Acara".
Terimaksih
Semogah bermanfaat
Silahkan tinggalkan pesan di bawah bila masih kurang lengkap.

4 Responses to "CARA PENGATURAN ROMBEL DAPODIK PESERTA UJIAN NASIONAL"

  1. thanks,, tapi kalau mau atus nomor urut kursi perserta ujian nasional siswa kami, giman gank.??

    BalasHapus
  2. Terima kasih..sangat membantu

    BalasHapus
  3. gimana jika ke reguler tidak mucul pada rombel satunya lagi ?

    BalasHapus
  4. bagaimana jika terdapat 2 rombel di pdun sedangkan siswanya tidak mencukupi?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan Sopan dan Jujur..